Plafon Cantik dengan Gipsum Dekoratif


Dibaca: 5324

KOMPAS.com - Banyak cara dapat Anda tempuh untuk mempercantik rumah. Salah satunya adalah "merias" langit-langit rumah dengan memanfaatkan papan gipsum.

Papan gipsum relatif murah. Jadi, dengan anggaran yang terbatas, rumah impian Anda sudah dapat Anda wujudkan.

Kelebihan langit-langit dari papan gipsum

Setinggi apapun plafon rumah, Anda dapat menggunakan gipsum. Papan gipsum tersedia dalam berbagai gaya, corak, dan ukuran. Mulai dari gaya minimalis, sampai gaya klasik, Anda tetap bisa memanfaatkan material ini.

Sifat papan gipsum juga tidak mudah terbakar. Walaupun terkena api, papan gipsum tidak akan menghasilkan substansi berbahaya. Hanya, papan gipsum lebih rentan terhadap air. Jika terkena air, jamur mudah tumbuh.

Menambah keindahan ruangan

Dengan menggunakan papan gipsum, Anda dapat menciptakan kesan dramatis pada sebuah ruangan. Anda bisa mengolah langit-langit dan dinding untuk membuat ruangan tersebut menjadi menarik.

Ya, papan gipsum dapat Anda manfaatkan untuk menciptakan bentuk-bentuk unik dan cantik dalam berbagai ukuran. Apalagi melihat gipsum dekoratif di langit-langit kamar setiap bangun tidur, tentu rasanya menyenangkan.

Kesan dramatis

Sebagai tips, Anda bisa memainkan pencahayaan ruangan untuk mendapatkan kesan lebih dramatis pada kamar Anda. Karena papan gipsum juga pandai menyembunyikan lampu ruangan sinarnya tidak menyorot langsung, melainkan dipantulkan. Dengan cara ini, selain bentuknya unik, lampu yang tidak langsung menyorot cocok untuk tempat beristirahat dan terasa lebih nyaman.

Mengecat papan gipsum

Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda telah menutup semua area yang tidak ingin Anda cat dengan selotip. Jangan lupa juga lapisi lantai dengan plastik atau koran untuk menghindari lantai dari cipratan cat.

Ada baiknya, bagian yang menyambung dengan kayu, jendela, atau lis pintu Anda cat dengan menggunakan kuas kecil. Dengan begini, Anda terhindar dari cat yang "mengotori" bagian-bagian yang tidak ingin dicat.

Bagaimana? Sudah siap mempercantik plafon Anda dengan gipsum?

(Sumber: www.livingroomdesignidea.com)

Share

Punya pertanyaan seputar masalah desain interior. Silakan kirim pertanyaan kamu di sini


Nama

Email

No. Tlp

Pertanyaan

 
Selamat sore. Saya ingin bertanya, apakah pemasangan plafon gipsum ada jangka waktu atau lamanya ...
mamaReza
Untuk memastikan rangka penggantung plafon kuat menahan beban, material plafon bukankah harus ...
Muhammad Noor Kharis