Trik Mengenali Papan Gipsum Berkualitas!


Dibaca: 6430

KOMPAS.com - Berbagai merek gipsum saat ini membanjir di pasaran. Bagaimana caranya mengetahui gipsum yang punya kualitas baik? Tahu kriteria-kriterianya, terutama untuk Anda yang awam soal gipsum?

Berdasarkan survei pasar yang dilakukan oleh tim independen PT Petrojaya Boral Plasterboard yang kompeten, produk papan gipsum yang baik memiliki beberapa kriteria. Berikut beberapa di antaranya untuk Anda ketahui sebagai tips khusus:

Less sagging

Artinya, ketika papan gipsum dipasang sebagai plafon atau langit-langit, tingkat kelendutannya sangat kecil. Untuk standar Jayaboard adalah di bawah 2,5 mm dengan standar uji ASTM C473. Dengan tingkat kelendutan sangat kecil ini, maka plafon atau langit-langit akan mempunyai permukaan lebih rata (flat), atau dengan kata lain tidak bergelombang.

Kuat

Papan gipsum yang kuat adalah papan gipsum yang tidak mudah patah ketika proses pemindahan dari satu tempat ke tempat lain secara manual maupun ketika dipasang.

Ringan

Semakin ringan sebuah papan gipsum akan mempermudah dan mempercepat penanganan maupun pemasangan papan gipsum tersebut. Berdasarkan survei tim Jayaboard di lapangan, para tukang lebih senang jika bobotnya tidak lebih dari 17 kg per lembarnya.

Mulus

Permukaan gipsum mulus dan tanpa cacat produksi, sehingga ketika sudah dipasang akan menghasilkan plafon atau langit-langit dan dinding yang sempurna.

Kualitasnya konsisten

Perlu diketahui, papan gipsum Jayaboard tidak mengandung material berbahaya bagi kesehatan ataupun keamanan, sehingga aman dan nyaman untuk digunakan pada interior. Penggantian papan dapat dilakukan apabila dari kondisi fisiknya sudah rusak.

(Indra Budi Wibowo - Technical Manager PT Petrojaya Boral Plasterboard)

Share

Punya pertanyaan seputar masalah desain interior. Silakan kirim pertanyaan kamu di sini


Nama

Email

No. Tlp

Pertanyaan

 
Saya mau pasang gypsum untuk ukuran 7 x 6. Harganya berapa ya?
ucum maryanah
Selamat malam. Saya sedang merehab dinding rumah. Akibat kekurang telitian pengerjaan, hasil ...
Adi M Sihar