Ini Lho, Penyebab Retak Rambut pada Papan Gipsum!


Dibaca: 4405

KOMPAS.com - Ada dua faktor yang memicu terjadinya retak rambut pada papan gipsum. Persoalan ini harus segera diketahui dan dicari solusinya, sebab biasanya kalau retak rambut dibiarkan akan menjadi retak memanjang. Yuk, direnovasi menyambut hari raya Lebaran nanti!

Menurut Indra Budi Wibowo, Technical Manager PT Petrojaya Boral Plasterboard kepada Kompas.com pekan lalu, dua faktor utama penyebab retak rambut pada papan gipsum adalah kualitas material dan penyambungan papan gipsum atau jointing methods. Plus, faktor pendukung yang tidak bisa disepelekan, yaitu skil tukang.

"Material itu pasti ada tingkat muai dan susutnya. Setelah gipsum dipasang, mungkin dia basah, kemudian menjadi kering, di situ pasti menyusutnya ada. Kalau salah metode jointing-nya, kemudian waktunya berjalan bersamaan (proses menyusut), jointing itu ketarik. Di sisi lain, materialnya tidak sesuai dan tidak bisa mengantisipasi keadaan itu, sehingga muncul cracking atau retak rambut," kata Indra.

"Jadi, kalau ada sambungan, itu pasti ada jointing-nya. Bisa dicek, metodanya atau jointing compound-nya sudah benar atau belum, dan itu tergantung keahlian tukangnya juga," katanya.

Indra menambahkan, retak rambut yang dibiarkan akan berpotensi menjadi retak memanjang. Biasanya pemicu keretakan itu timbul dari faktor eksternal, yaitu pergerakan bangunan setelah gipsum dipasang.

"Terjadi gempa, misalnya, itu juga men-deliver keretakan," katanya.

Ia menuturkan, untuk menghindari retak-retak pada sambungan papan gipsum, saat proses penyambungan menggunakan produk compound, sambungan papan gipsum tersebut harus diperkuat menggunakan pita kertas (UB tape). Dalam banyak kasus, para tukang sering menggunakan pita dari kain (textile tape) sebagai penguat.

"Padahal ini tidak direkomendasikan, karena textile tape tidak cukup kuat untuk mencegah retak pada sambungan papan gipsum," ujarnya.

Nah, bagaimana jika penyambungannya menggunakan pita kertas yang kadang juga membuat permukaan gipsum bergelembung. Apa penyebabnya?

Proses pengomponan atau penyambungan papan gipsum harus dilakukan dengan produk yang sesuai dan pita kertas. Penggelembungan pada pita kertas biasanya disebabkan karena adanya udara yang terperangkap di bawah pita kertas dan compound. Solusinya hanya satu, melakukan pengomponan ulang dengan metode yang baik dan benar.

Share

Punya pertanyaan seputar masalah desain interior. Silakan kirim pertanyaan kamu di sini


Nama

Email

No. Tlp

Pertanyaan

 
1 . Saya mau pasang gyptel jaya textur Byhua 9mm ukuran 1,2 x 0,60 dengan luas area 2659,09 ...
Anang
Pak saya membutuhkan tukang yang bisa repair gipsum untuk dijadikan melengkung, tks
irawan