Tren Penyekat Ruangan dengan Gipsum


Dibaca: 2040

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan dunia arsitektur dan desain interior membawa dampak positif bagi kemajuan penggunaan material alternatif seperti gipsum. Material yang identik untuk plafon ini bisa diaplikasikan sebagai dinding, juga penyekat.

"Beberapa tahun belakangan memang sudah berkembang dalam pengaplikasian gipsum tak hanya untuk plafon. Sekarang ini gipsum bisa menjadi media pembatas ruangan seperti penyekat," kata arsitek Her Pramtama dari US&P Architects kepada Kompas.com di Jakarta, Rabu (11/4/2012).

Sebagai media pembatas, lanjut Pramtama, gipsum bahkan bisa digunakan untuk meringankan struktur.

"Kalau dilihat saat ini beberapa apartemen menggunakan gipsum antarkamar di satu unit. Dipilihlah bahannya GRC yang lebih kuat terhadap air," katanya.

Pemakaian gipsum, kata Pramtama, banyak diterapkan dalam hunian karena dilihat dari sisi harga jauh lebih murah daripada penggunaan triplek. Orang juga tertarik menerapkan gipsum karena sifatnya fleksibel untuk mendukung elemen estetika dalam ruangan.

"Selain terlihat lebih rapi, misalnya mau dibentuk miring atau lainnya untuk menambah aksen bisa dengan gipsum," ujarnya.

Share

Punya pertanyaan seputar masalah desain interior. Silakan kirim pertanyaan kamu di sini


Nama

Email

No. Tlp

Pertanyaan

 
Saya mau pasang gypsum untuk ukuran 7 x 6. Harganya berapa ya?
ucum maryanah
Selamat malam. Saya sedang merehab dinding rumah. Akibat kekurang telitian pengerjaan, hasil ...
Adi M Sihar