Tiga Syarat Utama Menerapkan Gipsum di Rumah


Dibaca: 1927

KOMPAS.com - Dengan karakteristiknya sebagai material tahan api dan finishing yang sangat baik, penggunaan material gipsum untuk interior saat ini semakin meluas. Apa saja syaratnya jika ingin menerapkannya dalam hunian?

Rahmawan Gunawan, Technical Rep BORAL Jayaboard, mengatakan, hal pertama harus diperhatikan adalah kondisi lingkungan hunian Anda. Menurutnya, lingkungan rumah harus berada kondisi kering.

Kemudian yang kedua, suhu di hunian itu berada pada 5-40 derajat celcius. Sementara faktor ketiga, kelembaban ruangan hunian maksimal 90%.

"Misalnya tinggal di Bandung, apakah bisa memasang gipsum? Tinggal dilihat tiga kondisi itu saja, karena ketiga hal itulah yang akan sangat mempengaruhi untuk papan gipsum standar. Kalau kondisi perkotaan di Jakarta tentu tidak masalah, mengingat kelembabannya cukup rendah dan suhunya masih masuk dalam rate yang disyaratkan," ujar Rahmawan kepada Kompas.com.

Sementara untuk ketebalan gipsum sebagai dinding, Rahmawan mengatakan, biasanya dikaitkan dengan ketebalan kusen yang dipakai.

"Biasanya ada yang 3 inci atau 4 inci, gipsumnya itu tinggal mengikuti saja," katanya.

Seperti disebutkan sebelumnya (Begitu Mudahnya Merawat Gipsum), penggunaan material gipsum untuk interior saat ini semakin meluas karena disebabkan oleh karakteristiknya sebagai material tahan api dan finishing yang sangat baik. Selain itu, teknik perawatan gipsum juga tidak rumit karena hanya butuh perawatan dari sisi kebersihan agar tetap sedap dipandang.

Untuk mengaplikasi cat pada material gipsum juga tidak sulit. Tidak ada syarat khusus, karena begitu telah terpasang, gipsum sudah bisa dicat.

Share

Punya pertanyaan seputar masalah desain interior. Silakan kirim pertanyaan kamu di sini


Nama

Email

No. Tlp

Pertanyaan

 
1 . Saya mau pasang gyptel jaya textur Byhua 9mm ukuran 1,2 x 0,60 dengan luas area 2659,09 ...
Anang
Pak saya membutuhkan tukang yang bisa repair gipsum untuk dijadikan melengkung, tks
irawan