Begitu Mudahnya Merawat Gipsum


Dibaca: 1426

KOMPAS.com - Penggunaan material gipsum untuk interior saat ini sudah semakin meluas karena disebabkan oleh karakteristiknya sebagai material tahan api dan finishing yang sangat baik. Apalagi kelebihannya?

Suwarso, System Develoment Rep BORAL Jayaboard, mengatakan teknik perawatan gipsum juga tidak rumit. Gipsum hanya butuh perawatan dari sisi kebersihan agar tetap sedap dipandang.

"Kalau lihat plafon, apa yang dirawat? Tidak ada. Kalau soal bocor, itu faktor eksternal tentunya. Hal paling utama hanya debu, dan itu bukan perawatan yang sulit. Atau, sarang laba-laba, tinggal dibuang sarangnya, selesai. Mau dicat ulang juga tidak masalah, tinggal dicat, lalu selesai," ujar Suwarso.

Untuk dengan aplikasi cat, lanjut Suwarso, juga tidak sulit. Tidak ada syarat khusus untuk pengaplikasian cat pada gipsum. Begitu telah terpasang, gipsum sudah bisa dicat.

"Dengan cat tembok biasa bisa, tinggal cat saja kalau sudah dipasang. Tidak perlu diblok dengan pelapis lagi, karena cat langsung menyerap. Mau cat glossy atau minyak juga bisa dan mudah. Kalau di tembok itu kan kita tunggu kering dulu begitu tembok terpasang, kalau gipsum begitu selesai terpasang bisa langsung dicat. Bahan gipsum mudah menyerap dan daya rekatnya sangat baik untuk cat," kata Suwarso.

Nah, bagaimana jika untuk mengaplikasikan wallpaper?

"Tidak masalah. Bahkan, dengan gipsum standar pun daya rekatnya baik untuk wallpaper," ujar Suwarso. 

 

 

Share

Punya pertanyaan seputar masalah desain interior. Silakan kirim pertanyaan kamu di sini


Nama

Email

No. Tlp

Pertanyaan

 
Selamat sore. Saya ingin bertanya, apakah pemasangan plafon gipsum ada jangka waktu atau lamanya ...
mamaReza
Untuk memastikan rangka penggantung plafon kuat menahan beban, material plafon bukankah harus ...
Muhammad Noor Kharis