Mengenal Papan Gipsum


Dibaca: 1999

KOMPAS.com - Papan gipsum merupakan bahan pelapis interior untuk dinding pembatas dan plafon gipsum, serta dapat diaplikasikan sebagai pelapis dinding bata. Saat ini, penggunaan papan gipsum untuk interior sudah semakin meluas, disebabkan oleh karakteristiknya yang tahan api dan finishing yang sangat baik.

Suwarso, System Develoment Rep BORAL Jayaboard, mengatakan, bobot papan gipsum juga ringan. Pengerjaannya juga cepat dan kering. Ia menuturkan, secara fisik, papan gipsum Jayaboard terdiri atas inti gypsum plaster yang dibungkus oleh kertas penguat di sekelilingnya.

"Permukaan papan di bagian tepi berbentuk miring atau recessed edge, sementara di bagian ujung terpotong persegi oleh pisau guillotine," ujarnya kepada Kompas.com di Jakarta, Kamis (5/4/2012).

Berdasarkan pesanan konsumen, ada juga pilihan tepi kotak untuk aplikasi khusus. Ia mengatakan, papan gipsum Jaya dari Jayaboard terbuat dari bahan kualitas baik dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Papan gipsum Jaya tersedia dalam berbagai ukuran ketebalan, panjang dan lebar. Aplikasinya sangat mudah dan bisa digunakan pada rangka kayu, metal, maupun dinding bata.

"Untuk hasil terbaik, kami merekomendasikan aplikasi dengan menggunakan rangka Jayabms dan kompon penyambungan Jayacompound," ujarnya.

Paling ringan dan kuat

Saat ini, Jayaboard menghadirkan produk-produk dengan kualitas tinggi kepada kosumennya. Melalui proses pengembangan dan riset berkelanjutan, produksi dengan quality control sangat ketat dan terjaga, formulasi yang sudah dipatenkan, telah menjadikan Jayaboard memiliki kualitas terbaik, terbukti mempunyai bobot paling ringan namun kuat, kelendutan paling minimal, dan kualitas paling konsisten.

Terinspirasi dari struktur Sarang Lebah (Honey Comb) yang diterapkan pada inti papan gipsum, Jayaboard telah menghadirkan produk papan gipsum yang kuat namun ringan.

"Kami turut mendukung perkembangan bisnis pelanggan kami dengan menyediakan produk yang berkualitas tinggi dengan quality control yang ketat untuk meminimalisir adanya complain dari setiap pekerjaan yang menggunakan produk papan gipsum Jayaboard," kata Suwarso.

Bobot papan gipsum Jayaboard yang paling ringan di Indonesia telah memberikan kemudahan pada saat proses distribusi dan pemasangan sehingga waktu dan biaya yang digunakan akan semakin efektif dan efisien. Teknologi honeycomb structure ini merupakan satu-satunya di Indonesia dalam hal produksi papan gipsum.

Kelendutan atau sagging adalah penurunan plafon papan gipsum dari level datarnya karena daya beban material terhadap ukuran bentangan. Papan gipsum Jayaboard saat ini telah diakui pasar mempunyai kelendutan paling minimal.

"Secara periodik kami melakukan tes untuk menjamin, bahwa kelendutan papan gipsum Jayaboard telah memenuhi standar yang ditentukan," kata Suwarso.

Tenaga kerja yang ahli dan berpengalaman juga menjadi kunci dari terjaganya kualitas produk yang selalu prima. Dengan acuan standar produksi yang jelas, quality control yang ketat dan dukungan fasilitas mesin produksi dengan teknologi terkini telah menghadirkan produk-produk papan gipsum dengan kualitas yang konsisten dari waktu ke waktu.

Share

Punya pertanyaan seputar masalah desain interior. Silakan kirim pertanyaan kamu di sini


Nama

Email

No. Tlp

Pertanyaan

 
1 . Saya mau pasang gyptel jaya textur Byhua 9mm ukuran 1,2 x 0,60 dengan luas area 2659,09 ...
Anang
Pak saya membutuhkan tukang yang bisa repair gipsum untuk dijadikan melengkung, tks
irawan