Merawat Aneka Furnitur Luar Ruang


Dibaca: 426

KOMPAS.com - Furnitur luar ruang memang dirancang agar tahan terhadap terpaan cuaca sekaligus menjadi bagian yang tetap menawan dipandang. Namun, harus diiingat, furnitur-furnitur itu mulai menampakkan usia kerapuhannya.

Karat, noda, dan lumut biasanya menjadi hal-hal yang mengganggu. Untuk mengatasi serangan para pengganggu furnitur ini, Anda mesti mengenali dulu material furniturnya karena beda bahan, berbeda pula cara perawatannya.

Anyaman

Furnitur ini terbuat dari jalinan rotan, akar, atau kertas yang dilapis dan kadang diperkuat dengan logam. Untuk menghilangkan debu dan kotoran yang melekatinya, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner dengan sambungan berbentuk sikat debu atau kuas cat yang kering.

Caranya, bersihkan furnitur dengan cairan sabun yang lembut. Gosok dan bilas. Namun, harus dihindari pemakaian banyak air yang dapat melemahkan kekuatan serat.

Selanjutnya, keringkan furnitur tersebut. Khusus rotan, Anda perlu membersihkannya secara berkala karena bahan rotan tidak dapat menahan perlakuan abrasif.

Logam

Kecuali alumunium, furnitur luar ruang berbahan logam dapat berkarat sehingga perlu dilapisi pernis bening, cat, atau powder coating. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan cairan sabun lembut, sikat, bilas, kemudian keringkan.

Untuk menghilangkan karat atau jamur, gosok perlahan daerah tersebut menggunakan ampelas bersisi halus, lap bersih, kemudian aplikasikan cat bila diperlukan.

Kelembaban dapat mempengaruhi cat, sehingga lebih baik lakukan pengecatan saat cuaca terang. Setelah dibersihkan, aplikasikan lapisan atau lilin dengan kain lap bila direkomendasikan oleh produsen furnitur yang Anda beli. Jangan lupa, periksa adanya karat secara berkala, terutama pada daerah-daerah tersembunyi.

Kayu

Kebanyakan kayu yang digunakan untuk furnitur luar ruang adalah yang secara alamiah tahan terhadap kerusakan. Untuk membersihkan noda atau lumut, campur 3,7 liter air panas dengan bubuk pemutih oksigen sesuai aturan pakai. Gosok area bernoda dengan sikat bulu halus kemudian bilas.

Untuk menghilangkan noda karat atau mengembalikan warna asli, gosok halus searah serat kayu menggunakan ampelas permukaan halus. Untuk melindungi furnitur kayu dari sinar ultraviolet, debu, dan kelembaban atau mempertahankan warna, caranya dengan melapisi kayu. Bersihkan, dan ampelas, oleskan cat bila perlu.

Aplikasikan pengawet kayu transparan yang mengandung zat antilumut atau noda semitransparan.

Plastik

Resin atau furnitur segala cuaca umumnya terbuat dari plastik, seperti Polyvinyl chlorida (PVC) atau polythylene (PE). Untuk membersihkan, gunakan cairan lembut dan gosok, bilas, lalu keringkan.

Untuk noda membandel, gunakan cairan terdiri dari 10 bagian air dan 1 bagian pemutih klorin. Larutan ini dapat diaplikasikan apabila instruksi pada furnitur memperbolehkan cairan pemutih.

Sebagai perawatan, lap furnitur dengan kain basah dan cairan lembut pada furnitur. Biasanya, residu tabir surya yang memudarkan warna plastik.

Selamat mencoba!

(Sumber: Martha Stewart Living Indonesia)

Share

Punya pertanyaan seputar masalah desain interior. Silakan kirim pertanyaan kamu di sini


Nama

Email

No. Tlp

Pertanyaan

 
Pak saya membutuhkan tukang yang bisa repair gipsum untuk dijadikan melengkung, tks
irawan
Saya mau pasang gypsum untuk ukuran 7 x 6. Harganya berapa ya?
ucum maryanah