Video
BCA

index Galeri Foto


Berita BCA


BCA - Alfamart Bersinergi Mendorong Industri Waralaba

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) senantiasa hadir memberikan beragam solusi bagi para nasabah, salah satunya dalam pengembangan industri waralaba Indonesia. Oleh karena itu pada tanggal 18 Maret 2013, BCA Solitaire & BCA Prioritas meresmikan perjanjian kerjasama dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, pengelola minimarket Alfamart dengan memberikan keuntungan bagi nasabah yang ingin menjalankan bisnis waralaba. 

Penandatanganan perjanjian kerjasama dilakukan oleh kedua belah pihak, yaitu oleh Direktur BCA Henry Koenaifi dan Suwignyo Budiman dengan Franchise & Investor Relation Director  Alfamart Soeng Peter Suryadi dan Finance Director Tomin Widian.

BCA Solitaire & BCA Prioritas bekerjasama dengan Divisi Bisnis Komersial dan SME BCA (DBKM) dan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, memberikan apresiasi bagi nasabah BCA Solitaire & BCA Prioritas yang ingin memiliki gerai waralaba Alfamart. 

Keuntungan yang akan didapat oleh nasabah adalah potongan Franchise Fee sebesar 50% untuk 5 tahun pertama bagi kepemilikan gerai baru yang menggunakan fasilitas Franchise Financing BCA.

Adapun skema franchise financing dengan suka bunga yang kompetitif yaitu 10,5% per tahun (fixed rate) atau floating rate (prime rate – 2,25%) dengan tenor maksimal 5 tahun dan sudah termasuk 6 bulan masa tenggang untuk gerai baru. 

Dengan demikian, nasabah memperoleh kepastian biaya angsuran yang tetap selama 5 tahun. Selain itu, nasabah juga tidak dibebankan biaya provisi maupun biaya administrasi dan semua proses pembayaran tagihan setiap bulan dilakukan oleh manajemen Alfamart. Ditambah lagi dengan pelayanan yang terbaik, lebih cepat terhadap proses pembukaan gerai baru.

Henry Koenaifi menuturkan bahwa kerjasama ini merupakan bentuk solusi yang diberikan BCA dalam hal investasi bisnis bagi seluruh nasabah BCA Solitaire & BCA Prioritas. “Ini merupakan komitmen kami untuk selalu menjadi bank yang senantiasa di sisi nasabah, dengan menghadirkan berbagai solusi perbankan termasuk di dalamnya yaitu bisnis investasi seperti waralaba bagi nasabah BCA Solitaire & BCA Prioritas,” katanya.

Bagi BCA, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk bukanlah mitra kerja baru. Sebelumnya, pada Januari 2011 juga sudah ditandatangani perjanjian kerja sama pembiayaan bagi franchise untuk mendukung pengembangan gerai-gerai Alfamart.  Suwignyo Budiman mengatakan, “Kami berharap kerja sama ini bisa lebih dikembangkan lagi dan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kedua belah pihak, sehingga tercipta hubungan yang berkelanjutan di masa mendatang.” 

Melalui kerjasama ini, BCA berperan aktif tidak hanya dengan menyalurkan pembiayaan untuk nasabah korporasi, tetapi juga mendorong pembiayaan untuk nasabah kecil dan menengah. Suwignyo Budiman juga menekankan bahwa kerjasama ini merupakan bentuk dukungan BCA pada bisnis waralaba di Indonesia dan menggali potensi pembiayaannya. “Karena telah bekerjasama dengan pemilik waralaba, yaitu Alfamart, skema pembiayaan ini lebih mudah, murah, dan lebih cepat dari skema pembiayaan komersial lainnya,” ungkap Suwignyo. 

Sementara itu, Soeng Peter Suryadi mengatakan bahwa kerjasama diharapkan akan meningkatkan jumlah pelaku usaha yang tertarik untuk membuka gerai Alfamart. “Saat ini, kami telah memiliki sebanyak 7.200 gerai Alfamart baik gerai reguler maupun gerai waralaba di seluruh Indonesia. Kami menyambut baik kepercayaan dan kerjasama yang dilakukan sebagai upaya pengembangan bisnis kami. Tentunya kami berharap, hal ini akan memberikan manfaat positif bagi nasabah BCA dan pelaku usaha lainnya,” ungkapnya.

Informasi lebih lanjut, kunjungi www.bca.co.id.

BCA Senantiasa di Sisi Anda.




Jika Anda mempunyai pertanyaan atau saran,kirimkan email ke beritabca@kompas.com