index Galeri Foto


Berita BCA


BCA Dukung MPN G-2 Demi Sistem Penerimaan Pajak Terintegrasi

Bank BCA kembali memberikan kemudahan pembayaran bagi seluruh nasabah, kali ini dengan mendukung penuh sistem Modul Penerimaan Negara Generasi 2 (MPN G-2) yang dicanangkan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementrian Keuangan (Kemenkeu) RI.

Bertempat di gedung Dhanapala –Kementrian Keuangan (17/02), acara Grand Launching MPN G-2 diikuti 21 lembaga perbankan dan satu lembaga pos yang tergabung sebagai bank dan pos persepsi. Acara tersebut dihadiri Menteri  Keuangan RI, Bambang PS Brojonegoro, Menteri Koordinator Perekonomian RI Sofyan Djalil dan  Direktur Bank BCA, Suwignyo Budiman.

“MPN G-2 ini akan mendorong transparansi dan sistem database yang terintegrasi. Hal ini tentu membuat sistem pembayaran pajak menuju arah yang lebih baik, dimana MPN G-2 memungkinkan monitoring status pembayaran dan penyetoran oleh pengguna layanan,” ujarnya.

Modul penerimaan negara yang baru ini seringkali disebut juga dengan e-billing. Sebuah mekanisme pemberian kode billing sebagai nomor referensi bagi wajib pajak atas pembayaran pajaknya. Jika sebelumnya nasabah hanya dapat melakukan pembayaran pajak melalui Counter Cabang tertentu menggunakan uang tunai dan slip tarikan, kini dengan MPN G2 nasabah dapat melakukan pembayaran pajak melalui ATM BCA, KlikBCA Bisnis dan seluruh Counter Cabang BCA.

Pembayaran pajak menggunakan MPN G-2 sangat mudah. Pertama, lakukan registrasi untuk mendaftarkan NPWP Wajib Pajak pada sistem billing di http://sse.pajak.go.id. Pendaftaran ini cukup dilakukan satu kali untuk mendapatkan user ID dan PIN.

Kedua, input data pembayaran penerimaan negara yang akan dilakukan untuk memperoleh kode billing berupa 15 digit angka. Kode billing akan kedaluwarsa dalam waktu 2 hari. Oleh karena itu apabila setelah 2 hari nasabah belum melakukan pembayaran, maka proses input data pembayaran harus kembali dilakukan. Kode billing ini berguna sebagai dasar pembayaran ke BCA sebagai Bank Persepsi/Devisa Persepsi.

Setelah melakukan dua langkah tersebut, nasabah dapat langsung melakukan pembayaran pajak melalui ATM BCA, KlikBCA Bisnis dan seluruh counter Cabang BCA. Nasabah dapat langsung mengunduh dan mencetak BPN (Bukti Penerimaan Negara) melalui KlikBCA Bisnis untuk melakukan pelaporan pembayaran di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat nasabah terdaftar. Sedangkan pembayaran melalui ATM BCA cukup melampirkan fotokopi struk bukti pembayaran.

“Selain mendukung program pemerintah, keikutsertaan BCA dalam program ini juga merupakan bukti nyata komitmen BCA untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi bagi para nasabah BCA,”  tutup Suwignyo

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Halo BCA (021) 500888 atau mention akun Twitter: @HaloBCA. BCA terdaftar dan diawasi OJK.

BCA Senantiasa di Sisi Anda




Jika Anda mempunyai pertanyaan atau saran,kirimkan email ke beritabca@kompas.com