index Galeri Foto


Berita BCA


Jemput Bola, Anak Muda Ini Bikin Layanan Binatu Daring

Nampaknya, ekosistem di Indonesia memang sedang mendukung tumbuhnya perusahaan rintisan (startup). Berangkat dari ide layanan on-demand, khususnya untuk layanan binatu, Taptopick pun akhirnya lahir.



Meski belum resmi meluncur, Halilintar Ramadhan (Direktur) dan Puja Pramudya (Direktur Teknologi) siap menggawangi perusahaan rintisan ini. Menurut Halilintar, ide Taptopick muncul ketika ia membuat rencana bisnis untuk mengembangkan cabang bisnis binatu miliknya.

Menurutnya, perhitungan biaya untuk mendirikan bisnis ini sangat besar. Selain itu, sudah banyak pesaing yang bermain. Untuk balik modal, Halilintar butuh waktu cukup lama. Berangkat dari masalah ini, Halilintar memutuskan membuat aplikasi.

Puja yang lebih paham teknologi dan pemrograman menjadi orang yang mengembangkan aplikasi jemput dan kirim ini. Nantinya, Taptopick akan bermitra dengan binatu lain di Jakarta.

“Hampir semua orang menggunakan ponsel pintar. Layanan binatu berbasis teknologi bisa membuat saya lebih fokus melayani konsumen. Nantinya, saya juga bisa bermitra dengan binatu lain,” ujarnya.

Aplikasi Taptopick sendiri akan tersedia di App Store dan Google Play Store. Dalam aplikasi ini, pelanggan bisa melihat status pakaian mereka dari waktu ke waktu hingga selesai dicuci dan diantar.

Saat ini, Taptopick sudah memiliki sejumlah armada kurir di Jakarta. Halilintar bilang, dengan mengandalkan strategi pemasaran word of mouth dan media sosial, ia berharap bisa melakukan promosi secara menyeluruh pada warga Jakarta.

Source: smart-money.co




Jika Anda mempunyai pertanyaan atau saran,kirimkan email ke beritabca@kompas.com