index Galeri Foto


Berita BCA


Permudah Pembayaran Iuran Kepesertaan, BCA Tandatangani MoU dengan BPJS Kesehatan

Senin (20/6/2016) PT Bank Central Asia Tbk dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menandatangani nota kesepahaman mengenai Pemanfaatan Layanan Perbankan dan Perluasan Cakupan Kepesertaan. Dengan kerja sama ini, masyarakat khususnya nasabah setia BCA akan mendapatkan kemudahan melakukan pembayaran iuran kepesertaan BPJS Kesehatan.

Nota kesepahaman ini ditandatangani oleh Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, Direktur BCA Suwignyo Budiman, dan Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris, disaksikan oleh Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan Kemal Imam Santoso di Jakarta.

“Sebagai bank yang berkomitmen untuk terus hadir mempermudah transaksi kebutuhan masyarakat, BCA mendukung pembayaran iuran kepesertaan BPJS Kesehatan dengan memanfaatkan layanan perbankan BCA,” ujar Jahja ketika memberikan kata sambutan.

Pada tahap ini, lanjut Jahja, channel pembayaran yang dapat digunakan adalah autodebet dari kartu kredit BCA. Namun ke depannya nasabah dapat membayar iuran melalui channel pembayaran lainnya sehingga nasabah dapat membayar iuran tanpa menggunakan uang tunai agar lebih mudah dan aman.

Direktur BCA Suwignyo Budiman juga menambahkan, “Kita akan memakai semua channel, karena prinsipnya untuk memudahkan masyarakat. Nantinya internet banking sampai mobile banking juga dapat digunakan. Sekarang teman-teman IT sedang  bekerja keras untuk menyiapkan infrastrukturnya.”

“Setelah nota kesepahaman ini, tim kita akan langsung menindaklanjuti, nanti kalau secara teknis sudah siap, langsung kita jalankan,” tutup Suwignyo.

Bank Swasta Pertama

Dengan ditandatanganinya nota kesepahaman ini, BCA resmi menjadi bank swasta pertama yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, setelah sebelumnya kerja sama yang dilakukan dengan bank-bank milik pemerintah

Dalam sela-sela acara, Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris menjelaskan kerja sama ini merupakan langkah strategis, dengan memperhitungkan potensi yang dimiliki BCA dari jumlah nasabah, infrastruktur, dan jaringan. Menurutnya, dengan kerja sama ini akan memudahkan badan usaha membayar iuran pekerjanya kepada BPJS Kesehatan. “Jadi apabila badan usaha tersebut sudah menjadi nasabahnya BCA, mereka tidak perlu lagi membuka rekening bank lain,” jelas Fachmi.

Fachmi juga berharap dan kemudahan pembayaran dan jaringan nasabah BCA akan meningkatkan kesadaran peserta untuk membayar iuran. 




Jika Anda mempunyai pertanyaan atau saran,kirimkan email ke beritabca@kompas.com