index Galeri Foto


Berita BCA


Menabung lah Sesuai Kondisi Keuanganmu

Menabung merupakan hal yang positif. Agar optimal, sesuaikan metode menabungmu dengan kondisi keuanganmu. Untuk itu, kamu bisa mencari tahu metode mana yang sesuai dengan kondisimu.

Pertama, menabung setelah pengeluaran bulan itu dikeluarkan. Jadi, kamu bisa menabung bila sudah membuat alokasi dana untuk pengeluaran bulan itu. Metode ini menguntungkan bila kamu punya kas yang bisa kamu gunakan bila ada kebutuhan mendadak.

Sisi buruknya, metode ini akan membuatmu sulit disiplin menabung. Artinya, kemungkinan gagal memenuhi rencana keuangan juga jadi lebih besar. Kedua, menabung sebelum melakukan pengeluaran.

Jadi, setelah menerima pendapatan, kamu langsung memindahkan sejumlah uang ke tabungan. Cara ini akan membuat tujuan keuangan lebih mudah tercapai. “Metode ini paling baik,” kata perencana keuangan Budi Raharjo.

Ketiga, manfaatkan fasilitas otodebit. Demikian, tiap bulan kamu akan dipaksa menyetor dana dalam jumlah tertentu ke instrumen investasi yang kamu pilih. Cara ini cocok untuk kamu yang sulit disiplin menabung dan investasi.

Fasilitas bisa untuk reksa dana dan produk tabungan berjangka. Namun ingat, kamu perlu cermat menghitung rencana keuangan di bulan itu. Jangan sampai saat ada kebutuhan keuangan mendesak, kamu tak punya uang.

Selamat menabung.

Source : smart-money.co

 




Jika Anda mempunyai pertanyaan atau saran,kirimkan email ke beritabca@kompas.com